Rabu, 18 April 2012

bumi


Inilah planet tempat kita tinggal, Bumi. Bumi merupakan planet ketiga dari matahari dengan jarak sekitar 150 juta kilometer dari matahari. Permukaan planet bumi sangat bebrbeda dengan planet-planet lain. Suhu bumi juga memunkinkan air dalam wujud cair, padat, maupun gas. Bumi mempunyai massa dan volume. Menurut taksiran para ahli,  massa bumi adalah 5,98 x 1024 kg atau 5,98 x 1027 gram. Kerapatan rata-rata bumi ditentukan dengan membandingkan antara massa bumi dan volume. Sedangkan bumi sendiri memiliki volume 1,083 x 1027 cm³. Jadi, kerapatan bumi: adalah 5,5 gram/cm³
Angka 5,5 adalah sebagai angka kerapatan rata-rata bumi. Bumi terdiri atas 3 bagian yaitu udara, air dan bagian padat yang berlapis, yang terdiri atas atmosfer, hidrosfer, dan litosfer.

         Atmosfer
Kita  bernafas memerlukan oksigen, oksigen yang kita ambil berasal dari atmosfer. Udara yang mengelilingi bumi terdiri atas 78% nitrogen, 21% oksigen, 1% untuk gas lain.
Bagian atmosfer terdiri dari:
1)      Troposfer
Lapisan ini berkaitan dengan cuaua, karna di troposfer terjadi perubahan suhu, tekanan, dan kadar uap air. Terdapat pemisah antara troposfer dan stratosfer yang disebut tropopause. Semakin ke atas temperatur troposfer semakin menurun, hingga batas trpopause di ketinggian 15 km

2)      Stratosfer
Ketinggian stratosfer adalah 15-40 km di atas permukaan bumi. Zona di mana aliran udara bergerak cepat, mencapai 400 km/ jam. Temperatur lapisan stratosfer naik dari tingkat bawah (15 km) -60°C sampai 0°C (40 km). Di lapisan stratosfer terdapat lapisan ozon (O³) yang berfungsi untuk menangkal Infra merah dan sinar ultraviolet dari matahari

3)      Mesosfer
Ketinggian mesosfer adalah 40-70 km di atas permukaan bumi. Temperatur di lapisan mesosfer adalah 0°C (40 km) sampai -90°C (70 km).


4)      Termosfer
Ketinggian termosfer adalah 70-400 km di atas permukaan bumi. Termosfer juga sering di sebut lapisan ionosfer karena, terbuka oleh radiasi luar angkasa dan matahari. Di sini udara mulai menipis. Temperatur di sini sekitar 1500 K-2000 K.

5)      Eksosfer
Ketinggian eksosfer adalah 400 km atau lebih. Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari atmosfer

         Hidrosfer
Bumi di perkirakan aalah satu-satunya planet yang mengandung air. Sekitar ¾ bumi terdiri dari perairan. Hampir sekitar 96% berat bumi tersusun dari hidrogen dan oksigen. Di samping itu natrium, klorin dan banyak unsur lain juga ditemukan di perairan samudra.
Tumbuh-tumbuhan dan berbagai hewan yang ditemukan di laut merupakan sumber yang sangat besar nilainya, yang memberi orang makanan, pupuk, dan bahan-bahan lainnya. Lautan atau samudra mengandung banyak sekali mineral yang bernilai tinggi seperti garam dapur (NaCl), magnesium, emas, uranium, tembaga, dan sebagainya.

         Litosfer
Lapisan ini merupakan lapisan paling atas dari bumi . terdiri atas berbagai jenis batuan, antara lain batuan gunung berapi, batuan endapan & metamorf, serta tanah. Litosfer berasal dari bahasa Yunani, lithos artinya batuan dan sphere artinya lapisan.

Bumi berdiameter sekiatar 12.756 km. Bumi memerlukan waktu sekitar 24 jam (1 hari) untuk berotasi dan memerlukan 365¼ hari (1 tahun) untuk berevolusi. Jadi setiap 4 tahun sekali jumlah hari dalam setahun adalah 366 hari, yang dinamakan tahun kabisat. Bumi memiliki 1 satelit yaitu Bulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar